INFO Kesehatan

Lycopene Mencegah Penyakit Kronis..?

PENYAKIT kronis, termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular, adalah penyebab utama kematian di negara berkembang. Faktor genetik, gaya hidup, dan diet juga harus dipertimbangkan sebagai faktor risiko penting penyebab penyakit tersebut. Misalnya saja, sekitar 50% semua jenis kanker disebabkan oleh cara makan yang salah.
Kerusakan sel oksidatif juga diperkirakan ikut pegang peranan menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit tersebut. Bagaimana mengatasinya? Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan diduga para ahli bisa mengatasi, paling tidak, mengurangi risiko terkena penyakit tersebut. Antioksidan banyak ditemukan pada buah dan sayuran dan buah berwarna, seperti tomat. Buah yang satu ini mengandung lycopene, pigmen karoten yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat potensial. Beberapa penelitian telah membuktikan keampuhan lycopene ini. Misalnya dalam the Canadian Medical Association Journal, Sanjiv Agarwal dan Akkinappally Venketeshwer Rao, beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa diet yang mengandung tinggi lycopene berpengaruh positif sebagai pelindung tubuh dari penyakit kronis.
Hal ini jelas sangat menggembirakan. Pasalnya, buah dan sayuran kini sedang gencar-gencarnya direkomendasikan sebagai pola makan yang sehat, ditambah lagi ternyata manfaatnya bisa sebagai pelindung dari penyakit yang kini banyak ditakuti. Tapi kedua ahli tersebut juga menyarankan penelitian lanjutan. “Seperti berapa takaran lycopene yang pas sebagai pelindung dari penyakit kronis tersebut. Atau berapa banyak yang baik bila hanya digunakan sebagai makanan sehat,” ujar mereka. (susandijani).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.