INFO Kesehatan

Sel-sel Darah ‘Jahat’ Memicu Penyakit…

RISET terhadap kanker yang terjadi akibat AIDS menunjukkan bahwa makrofag, yang biasanya melindungi tubuh terhadap penyakit, dalam beberapa situasi dapat memicu pertumbuhan tumor, demikian menurut keyakinan para ilmuwan Amerika Serikat.

Makrofag adalah salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi sebagai sistim pertahanan tubuh dalam darah dan jaringan. Para ilmuwan dari SLIL Biomedical di Madison, Wisonsin, menyimpulkan bahwa makrofag dapat “mengamuk” kalau virus memasukkan bahan genetiknya mereka sendiri ke dalam beberapa gen tertentu dalam tubuh. Makrofag yang dijuluki ProMacs ini mulai berkembang biak dengan cepat.

Dalam riset laboratorium terhadap limfoma yang terkait dengan AIDS, mereka menemukan bahwa HIV telah menyusupkan DNA-nya ke dalam salah satu gen tertentu, yaitu c-fes, yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kalau gen tersebut itu dirusak. DNA ini kemudian memicu makrofag untuk menggandakan diri, yang pada gilirannya mendorong sel-sel darah putih lainnya, yaitu limfosit, menirunya dan membentuk kanker-kanker limfoma.

Dr. Peter Molloy, direktur utama SLIL, berpendapat bahwa zat yang dilepaskan ProMacs sendirilah yang mempercepat pertumbuhan sel-sel di sekelilingnya, yang mengakibatkan terbentuknya tumor atau dalam beberapa kasus terjadinya kerusakan jaringan.

Penelitian yang lebih jauh dari tim yang sama ini menunjukkan adanya makrofag ‘pengkhianat’ dalam tubuh orang-orang yang HIV negatif namun mempunyai penyakit arteri dan demensia. Tetapi para pakar di Inggris telah mengingatkan untuk tidak mengambil kesimpulan dari riset laboratorium tersebut. Memang hasil riset ini masih terlalu dini untuk menyebutkan berapa besar peranan makrofag dalam keganasan pada kanker.

Sumber: Satumed.com.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: