INFO Kesehatan

Saat Kencing, Koq Bergidik?

Kandungan air dalam tubuh manusia berkisar sekitar 60 persen dari berat badan. Mungkin banyak di antara kita yang tak menyangka bahwa kandungan air pada tubuh yang kurus lebih besar daripada tubuh yang gemuk. Pada tubuh orang yang kurus, kandungan air umumnya mencapai 65 persen, sedangkan pada orang yang gemuk hanya sekitar 55 persen. Keberadaan jumlah air ini harus dipertahankan guna mendapatkan metabolisme tubuh yang stabil.

Tubuh secara otomatis akan memberitahukan jika kita kekurangan atau kelebihan air dalam tubuh. Jika kekurangan air maka kita akan merasa haus, sebaliknya jika kelebihan air maka perasaan ingin pipis datang menyerang

Jika kita berada di tempat yang bersuhu tinggi, tubuh kita akan mengeluarkan keringat agar suhu tubuh kita tetap stabil (tidak ikut panas). Jika berada di tempat dingin, tubuh akan segera memproduksi panas. Salah satu hasil dari pembuatan panas tubuh ini adalah air yang harus dibuang melalui prosesi kencing.

Ada yang tahu tidak, kenapa kita bergidik setelah kencing ?

Panas akan keluar dari tubuh salah satunya melalui air seni ketika kita kencing (air seni terasa hangat). Akibat hilangnya sebagian panas tubuh , tubuh kita perlu membangkitkan panas dalam tubuh. Caranya dengan mengaktifkan otot-otot. Otot yang aktif akan menghasilkan panas. Salah satu cara untuk mengaktifkan otot tersebut adalah dengan menggidik atau menggigil.

Demikian penjelasannya kenapa pada saat kencing kadang-kadang kita bergidik. Jika panas tubuh yang hilang cukup banyak maka tubuh akan menggidik, tetapi jika sebaliknya maka kita kencing tanpa diakhiri dengan menggidik.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: