INFO Kesehatan

Tentang KANKER PAYUDARA…

PARA wanita selama ini – terutama yang berusia separuh baya – senantiasa disarankan untuk menjalani pemeriksaan mamografi untuk menghindari diri dari kemungkinan terkena kanker payudara stadium lanjut. Ternyata Screening (pemeriksaan penyaring) terhadap para wanita ini ternyata tidaklah menyelamatkan lebih banyak nyawa daripada melakukannya setiap tiga tahun, demikian disebutkan oleh sebuah penelitian di European Breast Conference di Brussels.

Penelitian ini melibatkan 76.000 wanita berusia antara 50 sampai 62 tahun. Mereka menjalani satu pemeriksaan mamografi dan kemudian setengahnya dites setiap tahun, sementara lainnya mendapatkan tes hanya setelah tiga tahun, seperti yang dilakukan saat ini di Inggris. Penelitian ini berlangsung selama empat tahun. Hasil-hasilnya menunjukkan bahwa pemeriksaan penyaringan tahunan menemukan lebih banyak tumor kecil, namun tidak menemukan lebih banyak wanita yang telah terjangkit penyakit ini dalam stadium lanjut.

Para peneliti harus memperkirakan berapa banyak wanita yang akan meninggal sepuluh tahun setelah kanker itu didiagnosa, berdasarkan kemungkinan progresifitas dari tumor-tumor yang teridentifikasi itu. Mereka meramalkan bahwa 32,9 persen dari para wanita yang diperiksa setiap tahun dan 35,4 persen dari mereka yang diperiksa setiap tiga tahun diperkirakan akan meninggal karena kanker payudara.

Perbedaan statistik dalam angka-angka di atas disebut sebagai tidak begitu penting. Roger Blamey, koordinator penelitian ini berkata bahwa tambahan sebesar 56 juta poundsterling yang diperlukan untuk mendanai pemeriksaan penyaringan tahunan sebaiknya digunakan untuk cara-cara lain dalam mengobati penyakit itu. “Dana apapun tampaknya lebih baik digunakan untuk memperbaiki kualitas – melalui mamografi dalam dua sudut pandangan, peletakan yang lebih baik serta janji kualitas,” kata Roger.

Sumber: Satumed.com, Satunet

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: